06/03/11

KONSEP DASAR JASA

KONSEP DASAR JASA

Jasa (services) adalah suatu rangkaian tindakan yang ditawarkan oleh produsen kepada pihak lain yang terjadi di tempat terjadinya interaksi dengan melibatkan manusia (human), atau mesin (machine) yang mengarah kepada kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Contoh dari pelayanan jasa dengan manusia adalah ketika seseorang ingin mengambil uang tabungan disebuah bank maka ia akan menemui seorang teller untuk mengajukan pengambilan uang sedangkan contoh pelayanan jasa manusia oleh mesin adalah ketika kita mengambil uang di ATM kita tidak bertemu oleh manusia melainkan sebuah mesin penyimpanan uang yang dapat dipergunakan oleh kita untuk mengambil uang yang proses pengambilannya lebih mudah dan cepat yang diberikan oleh pihak bank untuk meningkatkan pelayanannya dan mempermudah pelanggan dalam mengakses jasa yang ditawarkan oleh pihak bank.
Kepuasan pelanggan atau customer satisfaction dapat terwujud jika produsen menyediakan feature-feature atau tambahan-tambahan dari bagian-bagian jasa yang bisa diberikan dapat berupa fisik maupun nonfisik. Contoh dari fisik seperti penggunaan e-toll card yang diperuntukan untuk pelanggan yang tidak ingin menunggu lama dengan mengantri dipintu tol sehingga mereka bisa mnengambil pintu etoll card dengan menunjukan kartu tol secara otomatis maka akan lebih cepat melewati pintu tol tersebut.
Jasa adalah salah satu bentuk usaha yang tidak dapat disimpan karena jasa tidak berbuntuk dan bersifat abstrak. Contoh cv travel civaganti ketika mereka mendapatkan pelanggan untuk diantar ketempat tujuannya maka travel tersebut tidak dapat menunnggu hingga mobil tersebut penuh dengan penumpang dengan berbagai tujuan maupun yang tujuannya sama karena hal tersebut dapat mengurangi kepuasan pelanggan terhadap produk jasa travel tersebut oleh karena itu pelayanan jasa dipengaruhi oleh persepsi konsumen dalam pemasarannya.
Pada bidang pendidikan pemasaran pendidikan bukan hanya bicara kepuasan tapi juga peningkatan value (nilai) sehingga harus ada disiplin social skill dan communication skill.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan jasa
  1. Renewing survive :: memperbarui jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Contoh adalah bank yang selalu mengeluarkan ide-ide baru untuk meningkatkan pelayanan jasa keuangan yang dulu hanya tempat menyimpan uang saja namun sekarang memberikan pelayanan kartu ATM, kartu debit kredit, e-banking sesuai dengan perkembangan kebutuhan pelanggan.
  2. Localizing services points :: menyediakan tempat-tempat pelayanan untuk mengakses jasa. Contoh penggunaan kartu ATM BNI yang tadinya terbatas hanya bisa mengakses di ATM BNI sesuai dengan bank tempat pelanggan gunakan, tetapi sekarang pelanggan tersebut bisa menggunakan kartu ATMnya di mesin ATM bank apa saja yang memiliki tulisan ATM BERSAMA.
  3. Leverage Contract :: Kesepakatan antara 2 pihak. Penggunaan kartu alva dan matahari dalam berbelanja dengan sendirinya pelanggan yang memiliki kartu tersebut akan berbelanja ke alva atau matahari.
  4. Power of information :: menggunakan kekuatan informasi. Penggunaan informasi harus hati-hati karena dengan informasi dapat menjadi ancaman bagi diri sendiri dan dapat menjadi peluang untuk mengembangkan pelayanan.
  5. Strategic value :: menentukan nilai strategis jasa kepada konsumen. Pertama perluasan segmen perusahaan kemudian pilihan untuk penempatan tempat-tempat pelayanan baru, kecenderungan pelanggan untuk pindah

Usaha-usaha dalam pengembangan produk ::
  1. Melakukan Survey terhadap pelanggan melalui wawancara, harga, dan rating data.
  2. Analisis komputerisasi
  3. Answer :: jawaban tidak mengacu pada pilihan
  4. Available is crucial :: ketersediaan produk
  5. Bentuk promosi tercetak yang dilakukan produsen
  6. Membership
  7. Perluasan segmen
  8. Pilihan penempatan tempat pelayanan
  9. Kecenderungan pelanggan untuk pindah
  10. Informasi

M Zulfan Efendi (1445091759)
Manajemen Pendidikan REG 2009

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College