20/03/11

Analisa Lingkungan Organisasi

Analisa Lingkungan Organisasi

Jakarta, 16 Maret 2011
            Pada Pertemuan perkuliahan ke-3 dari mata kuliah manajemen pemasaran yang dibimbing oleh dosen Amril Muhammad, S.E, M.Pd, membahas tentang Analisa Lingkungan Organisasi.
            Lingkungan Organisasi terbagi menjadi dua yaitu internal dan juga eksternal yang harus selalu diperhatikan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memajukan perusahaannya agar dapat membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik lagi.
            Analisa lingkungan organisasi dilakukan untuk mencegah suatu perusahaan melakukan gulung tikar dengan cepat jika tidak mengetahui kemampuan yang dimiliki, pesaing mereka, dan juga produk yang dibutuhkan konsumen yang selalu berubah-ubah. Lingkungan adalah pelaku dan kekuatan diluar yang memiliki kemampuan dalam pemasaran untuk mengembangkan dan menjaga agar transaksi dengan pelanggan berjalan baik.
            Lingkungan yang kita ketahui terbagi dua internal dan eksternal memiliki hal-hal yang terkait seperti  pada lingkungan internal harus memperhatikan, pertama, Siapa atau orang yang ada diorganisasi tersebut:: artinya perusahaan harus memperhatikan kemampuan seseorang karena jika seseorang pegawai tersebut memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka pekerjaannya akan sukses, kemudian melihat komitmen dari pegawai tersebut untuk melihat seberapa besar loyalitas yang dimiliki oleh si pegawai. Perusahaan juga memberikan reward sistem baik berupa materi maupun non-materi selanjutnya adalah memperhatikan promosi jabatan terhadap pegawai jika memang memenuhi syarat dan mencegah kejenuhan dari pegawai maka diperlukan promosi jabatan jika pegawai mampu memberikan sesuatu yang terbaik. Kedua, kebijakan yaitu melihat pada visi, misi dan tujuan dari perusahaan tersebut dimana merupakan titik awal untuk menentukan sasaran kerja dari perusahaan maupun segmen yang mau dikejar oleh perusahaan tersebut apakah masyarakat kelas menengah keatas atau sebaliknya. Ketiga, kepemimpinan, sikap seorang pemimpin dalam hal ini dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan dari sebuah perusahaan terhadap pandangan pegawainya, karena dapat dilihat dari gaya pemimpin yang berorientasi kepada pegawai, bersifat sentral, demokratis, berorientasi pada tugas, demokratis, menyerah pada bawahan dapat berimplikasi kepada keputusan seorang pemimpin terhadap kebijakan yang ada di perusahaan tersebut. Kemudian kemampuan manejerial dan kompetensi pemimpin dibutuhkan untuk dapat mengetahui kemampuan dari pegawai mereka serta melakukan motivasi terhadap bawahan untuk memajukan kinerja perusahaan tersebut. Keempat,  Sarana dan Prasarana merupakan salah satu dari yang harus diperhatikan pada lingkungan internal dengan memperhatikan kenyamanan, kelengkapan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, serta dapat menjamin keamanan untuk konsumen dan juga pegawai. Kelima, budaya disini ialah melihat dari nilai-nilai yang digunakan oleh perusahaan untuk mengikat pegawainya serta berkaitan dengan tampilan fisik dari perusahaan itu seperti bangunan, seragam, dll, pembangunan akulturasi budaya lokal yang ada.
Setelah membahas lingkungan internal maka sekarang masuk pada lingkungan eksternal dimana pada lingkungan ini berkaitan dengan hal-hal yang berada diluar perusahaan kita seperti, Pertama, melihat faktor demografis tempat kita mendirikan perusahaan atau cabang perusahaan serta populasi penduduk di daerah tersebut, usia rata-rata penduduk, jenis kelamin, serta ras dan pekerjaan dari penduduk lokal. Kedua, melihat economic environment yaitu melihat seberapa besar kemampuan daya beli masyarakat terhadap produk kita. Ketiga, natural environment yaitu melihat lingkungan alam sekitar yang harus diperhatikan ialah perubahan keadaan alam. Keempat, technology environment yaitu mengikuti perkembangan teknologi yang sedang dibicarakan untuk kemajuan perusahaan digunakan sesuai kebutuhan secara efisien dan efektif. Kelima, political environment dan culture environment keduanya harus dijalankan secara seimbang agar tidak menjadi ancaman bagi kegiatan pemasaran perusahaan tersebut.


Nama :: Muhammad Zulfan Efendi (1445091759)
Jurusan :: Manajemen Pendidikan Reg 2009

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College