27/02/11

Manajemen Pemasaran

MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN

Manajemen pemasaran yang merupakan bentuk usaha yang dilakukan untuk menjual atau mempromosikan suatu barang yang dimiliki untuk mendapatkan nilai yang tinggi dipandangan para pembeli. Manajemen pamasaran dalam dunia pendidikan yang di berikan kepada konsumen adalah “JASA”. Jasa merupakan sebuah bentuk pelayananyang bersifat abstrak atau tidak terlihat yang diberikan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan secara langsung serta memberikan kepuasan kepada konsumen setelah menggunakan jasa tersebut.
Mempubilkasikan jasa yang dimiliki harus mengenal tempat atau pasar yang akan dituju sebelum melakukan perencanaan yang lebih detail lagi. Pasar disini ialah proses social dan manajerial yang dilakukan individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok untuk saling memperoleh keinginan dari masing-masing pihak melalui pertukaran dan pembuatan produk yang dipengaruhi oleh supply and demand dalam pelaksanaan publikasi barang atau jasa yang dimiliki untuk meraih keuntungan bagi produsen dan mencegah timbulnya kerugian besar yang dapat dialami produsen, sehingga dapat mempengaruhi pemasaran produk yang di berikan produsen kepada pelanggan.
Produk yang dapat ditawarkan dalam marketing ialah segala yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, diambil, dan dikonsumsi yang bisa memuaskan kebutuhan pelanggan, seperti : barang, jasa, orang, tempat, organisasi, dan ide gagasan.
Didalam marketing hal yang penting adalah menciptakan kepuasan pelanggan melalui performa yang diberikan produsen lebih dari yang diharapkan oleh konsumen. Setelah mengalami kepuasan lebih yang diberikan oleh produsen maka pelanggan akan membayar lebih untuk produk yang dipasarkan oleh produsen.
Produsen dalam pemasaran produknya harus mampu memprediksi atau menganalisis kelebihan dan kelemahan yang ada di pasar maka ada istilah TQM (Total Query Management) yaitu tindakan untuk menemukan sesuatu keinginan demi orang lain. Sehingga produsen dapat dengan tepat memasarkan produk ke lingkungan masyarakat. Produsen dalam melakukan transaksi harus melibatkan duahal yaitu value dan juga agreement dari konsumen/pelanggan terhadap produk yang di jual.
Prdusen harus menganalisis perencanaan, implikasi, dan kontrol dari program yang dirancang untuk membuat, membangun, menjaga, serta menciptakan pertukaran yang menguntungkan dengan target tujuan mencapai sasaran yang diharapkan. Oleh karena itu ada beberapa filosofi dalam manajemen pemasaran ::
1.      konsep produksi
yaitu konsumen akan mendapatkan kepuasan terhadap produk yang diproduksi dapat ditemui dimana-mana atau mudah dicari.
2.      Produk
Perusahaan mengemas produk yang di produksi dengan mempercantik kemasan produk berbeda dari yang lain.
3.      Konsep Penjualan
Konsumen membeli produk dengan melihat title organisasi yang menjual karena menjual segala kebutuhan.
4.      Konsep Pemasaran
Memasarkan dengan brosur atau sample tanpa membawa produk yang banyak kepada pelanggan.
5.      Pemasaran Sosial
Tehnik pemasaran yang mengutamakan keuntungan maupun bagi produsen, konsumen dan juga lingkungan.

M. Zulfan Efendi (1445091759)
MP Reg 09

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College