14/04/11

Analisis Perumusan Segmen dan Positioning Perusahaan Jasa

Jakarta, 6 April 2011 pada perkuliahan manajemen pemasaran yang memberikan materi ialah Bapak Amril Muhammad membahas mengenai materi yang berkaitan dengan materi pada perkuliahan sebelumnya yaitu mengenai segmentasi jasa, pada saat itu beliau membahas tentang prinsip segmentasi pasar jasa.
Pada pelaksanaan menentukan segmentasi pasar perlu mengetahui Beberapa prinsip-prinsip atau pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan, prinsip-prinsip itu sebagai berikut:
  • Measurable (terukur). Artinya segala aspek yang berkaitan dengan segmen yang dituju dapat terukur atau terprediksi. Dalam hal ini juga termasuk aspek daya beli konsumen itiu sendiri yang perlu dipertimbangkan dan dapat diprediksi dengan matang.
  • Aksesibilitas. Dalam hal ini akan berbicara mengenai pelayanan dan kemudahan bagi para segmen yang dituju. Tentu dalam hal aksesibilitas akan mempengaruhi seberapa besar daya tarik perusahaan atau organisasi terhadap para konsumen, sehingga hal ini perlu pertimbangan yang matang.
  • Aspek profitabilitas bagi prusahaan. Eksistensi suatu perusahaan memiliki nlai yang penting demi keberlangsungan perusahaan itu sendiri. Hal ini berarti jika ingin mendirikan sebuauh perusahaan juga perlu mempertimbangkan keuntungan yang akan diperoleh bagi perusahaan. Semua ini tentunya akan kembali lagi kepada bagaimana perusahaan atau organisasi mampu menganalisis segmen-segmen yang dituju.
  • Actionable (dapat-tidaknya perusahaan diwujudkan). Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah mengenai kemampuan perusahaan untuk dapat berdiri dan mamenuhi keinginan pelanggan. Hal ini perlu dilakukan agar pelanggan merasakan pelayanan serta kemudahan sehingga tingkat kepercayaan dan kepuasan mereka tinggi sehingga eksistensi perusahaan pun bagus.
Setelah melihat dari keempat prinsip tersebut dapat terpenuhi, selanjutnya hal lain yang perlu diperhatikan lagi dalam melakukan segmentasi pemasaran jasa yang kita punya adalah:
a) Evaluasi, yang merupakan tahap penilaian dari hasil yang telah dicapai perusahaan selama masa eksistensi Dari evaluasi ini akan dapat memunculkan kebijakan-kebijakan baru yang dapat meningkatkan mutu perusahaan, baik dari segi aksesibilitas maupun profitabilitas.
b) Tingkat keatraktifan atau kedinamisan perusahaan dalam memberikan wajah-wajah yang menyenangkan bagi para pelanggan sehingga dapat menari pelanggan lainnya.
c)   Ketersediaan sumber daya. Jelas hal ini perlu diperhatikan karena tidak mungkin suatu perusahaan dikelola hanya dengan satu atau segelintir orang, tetapi membutuhkan sumberdaya yang memadai serta memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Hal ini akan berimplikasi juga dengan pandangan segmentasi pasar yang ada.
d) Tidak membeda-bedakan pasar agar semuanya dapadat terakomodir dengan baik dan pelayanan dan kemudahan bagi pelanggan pun akan dirasakan baik.
e) Fokus marketing. Segmen-segmen yang telah ditentukan slayaknya mendapatkan perhatian perusahaan, oleh sebab itu agar dalam pencapaian target segmen yang diinginkan maka perlu adanya fokus dalam melakukan pemasaran kepada segmen tersebut sehingga hasilnya pun akan optimal.
f) Market strategic coverage
g) Mampu memposisikan. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk pandai dalam mencari lokasi strategis dan sesuai dengan segmen yang dituju.
h) Strategi mempromosikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam promosi: 
  • Media yang komunikatif, artinya dapat langsung dimengerti oleh pelanggan atau calon pelanggan.
  • Menguntungkan (profitable), artinya dalam melakukan promosi perusahaan harus dapat memperhitungkan apakah dengan melakukan promosi dalam bentuk ini atau itu dapat menguntungkan atau justru merugikan perusahaan.
  • Yang dikonsumsi oleh konsumen harus memberi efek dalam kepuasan pelanggan (membuat pelanggan merasa nyaman).
i) Mampu mengkomunikasikan dan menyerahkan barang. Hal ini berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diterima oleh mereka. Jika prusahaan ingin pelanggannya merasa puas maka kemampuan tersebut perlu dilakukan.

M Zulfan Efendi (1445091759)
MP Reguler 2009

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College