26/04/11

Marketing MIX


Marketing Mix
Pada perkuliahan Rabu, 20 April 2011 mengenai mata kuliah pemasaran dalam jasa dengan dosen Amril Muhammad SE., M.Pd. membahas mengenai pembauran dalam pemasaran barang dan jasa atau marketing mix.
Pemasaran barang atau jasa dapat dilakukan dengan berbagai cara sehingga barang yang diporuksi dapat sampai pada tangan pelanggan untuk digunakan sesuai dengan kegunaanya. Dalam proses cara untuk memasarakan produk atau jasa tadi dapat melalui marketing mix. Terdapat 4 tahapan dalam marketing mix yaitu pertama membicarakan mengenai Produk berkaitan dengan apa yang akan dijual atau ditawarkan kepada konsumen. Kedua, Price  berkaitan dalam menentukan harga dari produk yang kita akan jual atau tawarkan kepada konsumen. Ketiga, Place berkaitan dengan tempat penjualan produk kita atau saluran distribusi dari produk yang kita jual atau tawarkan. Terakhir keempat mengenai Promotion berkaitan dengan cara mempromosikan produk kita kepada konsumen.
Pada perkuliahan hari Rabu kemarin lebih spesifik membahas mengenai tahapan pertama yaitu Produk. Produk yang akan kita jual memiliki 2 jenis yaitu : Consumer Product dan Industrial Product. Consumer Product ialah produk yang digunakan konsumen paling akhir. Pada consumer product terbagi menjadi 4 jenis, pertama Convenience yaitu barang yang dibeli bekrkali-kali seperti makanan, minuman. Kedua, shopping product yaitu barang yang dibeli melalu perbandingan dengan barang yang lain. Ketiga, Speciality Product yaitu barang yang dibeli untuk prestise atau gengsi dari si pengguna contohnya seperti accessories, kerudung. Keempat, Unsought Product yaitu barang yang dibeli karena mengikuti tren yang ada di lingkungan konsumen seperti behel.
Kemudian  Indsutrial Product ialah produk yang dijual untuk diolah kembali menjadi produk baru kemudian baru dipasarkan kembali kepada konsumen, seperti contoh Mc Donald yang membeli ayam mentah untuk diolah menjadi makanan kemudian dijual kepada para pelanggannya.
Konsumen dapat membeli produk barang/jasa karena adanya suatu kebutuhan, selain itu terdapat pula pertimbangan-pertimbangan dari berbagai macam pilihan produk yang ada. Konsumen memiliki cara untuk memutuskan barang/jasa yang dapat dibeli, diantaranya:
1.      Product Attribute dapat terbagi menjadi ::
·         Quality Product :: sesuai dengan fungsi dan kegunaan serta daya tahan produk tersebut kemudian terhadap precission (rasa nyaman pada saat memegang barang tersebut.
·         Features Product :: fitur-fitur yang ditawarkan oleh barang yang dijual sehingga memiliki nilai lebih dimata konsumen yang menjadi keunggulan barang tersebut.
·         Design :: bentuk serta penampilan barang yang dijual mengikuti perkembangan zaman atau hanya berpenampilan satu style.
2.      Brand Image, dilihat dari nama, term atau istilah pada suatu produk. Contohnya: connecting people yang merupakan slogan nokia. Kemudian sign atau tanda, misalnya rumah makan padang yang identik dengan rumah adat padang. Lalu ada symbol dan design. Brand terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
a.       Brand equity, yakni ada pengaruh atau tidaknya memiliki barang tersebut (nilai). Contohnya: kuliah di perguruan tinggi negeri lebih merasa baik karena status negeri daripada kulaih di perguruan tinggi swasta.
b.      Brand name selection, yakni nama dari suatu produk sudah menggambarkan nilai lebih dari produk tersebut. Contohnya: SonyErricsson yang merupakan handphone yang sudah terkenal dengan type Walkman atau pemutar musik yang handal.
c.       Brand sponsor, yakni ada perusahaan besar yang menaungi perusahaan kecil agar dapat mengangkat nama perusahaan kecil tersebut. Contohnya: Trans Corporation yang menaungi beberapa stasiun TV swasta seperti TV Tujuh dan Trans TV.
d.      Brand strategy, yakni strategi perusahaan memasarkan produknya yang dikondisikan dengan kebutuhan konsumen, Brand strategy ini terbagi menjadi:
·   Line extention, yaitu menciptakan berbagai bentuk pada satu produk. Contohnya: perusahaan Coca Cola yang memproduksi berbagai macam kemasan seperti kaleng, botol 1 lt, botol mungil, serta botol kaca yang ditujukan kepada kebutuhan konsumen.
·   Brand extention, yaitu menciptakan produk berbeda namun dengan 1 nama brand. Contohnya: 1 merk yakni pepsodent dapat berupa pasta gigi, sikat gigi, obat kumur, dan sebaginya.
·   Multi branding, yakni suatu perusahaan yang dapat mencapai pemenuhan kebutuhan konsumen dari berbagai segi. Contohnya: produk handphone Nokia dijual dari harga yang terjangkau hingga yang malambung tinggi dengan kualifikasi yang baik pula.
3.      Packaging, yaitu melihat menariknya suatu kemasan sebuah produk yang dipasarkan atau ditawarkan kepada konsumen.
4.      Labeling , yaitu berkaitan terhadap produk yang memiliki suatu nama yang luas dan dikenal oleh masyarakat luas. Contohnya seperti ketika membeli air minum orang akan menyebutnya Aqua ketika akan membelinya.
5.      Product Support, yaitu melihat dari adanya pendukung produk, seperti tempat service hp, seberapa compatible produk tersebut, dan lain-lain.

Nama :: M Zulfan Efendi
NIM ::: 1445091759
MP REG 2009

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College