19/05/11

Distribution Channel

Pada Perkuliahan hari Jum’at, 13 May 2011 pada mata kuliah marketing dengan dosen Amril Muhammad SE., M.Pd. beliau membahas mengenai distribution channel terhadap pemasaran jasa ataupun barang.

Distribution channel memiliki tujuan agar konsumen dapat memperoleh barang dengan mudah. Distribution channel itu sendiri terbagi menjadi beberapa cara, diantaranya pertama itu ada distribusi langsung yaitu suatu tempat dijadikan tempat pembuatan dan juga tempat penjualan. Kedua distribusi perantara yaitu perantaranya berupa agen, warung/took, supermarket, dan sebagainya. Jadi produsen menjual barang atau jasanya melalui orang lain. Ketiga distribution Hybird yaitu campuran perusahaan yang menawarkan secara langsung dan juga memakai namun juga menjadi perantara. Keempat ada tehnik telemarketing yaitu penjualan menggunakan media alat komunikasi seperti telepon yang biasa diapakai pada perusahaan jasa asuransi, kartu kredit, penawaran paket internet. Kelima electric commerce, yaitu penjualan dengan menggunakan media internet seperti pada kaskus, tokobagus.com. kelima Multi Level Marketing yaitu penjualan dengan metode ini menggunakan pendistribusian barang melalui perantara orang seperti pada CNI, oriflame dll.

Alasan/pertimbangan dari Distribution Channel yaitu karena effisiensi biaya, biasanya produk akan dibuat atau tersedia bila ada yang memesan agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Kedua focus pada produksi jadi perusahaan hanya focus pada produksi barang saja, kemudian perusahaan akan melimpahkan penjualan kepada pihak ketiga. Ketiga SDM atau pegawai, yaitu bantuan teknis terhadap produksi produk. Keempat geografi yaitu perusahaan yang memiliki sumber berbeda ditiap daerah distribusi produk. Kelima jenis barang, yaitu berhubungan dengan daya tahan produk. Keenam harga barang yaitu kesesuaian harga produk yang ditawarkan terhadap tempat dan biaya.

Bagaimana seorang produsen mengkomunikasan produk/jasa yang diproduksi kepada konsumen yaitu: pertama ialah advertising, yakni produsen menginformasikan produk dan tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen. Hal tersebut dilakukan dengan melalui media iklan seperti media cetak (brosur, flyer), audio (radio), visual (internet), audiovisual (televisi). Selain itu jika dilihat berdasarkan tempat/lokasi yakni indoor (GAPARI Telkomsel) dan outdoor (papan reklame). Kedua Personal Selling, yakni penjualan secara langsung antara penjual atau sales dengan konsumen. Ketiga Sales Promotion, yakni promosi penjualan berdasarkan jangka waktu tertentu, dimana seorang pembeli memperoleh bonus/potongan harga sesuai masa promosi dari kebijakan perusahaan. Keempat Public Relation, yakni adanya upaya membangun hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat secara umum dalam upaya menciptakan kerjasama yang baik.

Dalam menentukan marketing communication, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu: pertama Target audience harus jelas: siapa yang menjadi objek dari iklan. Kedua Konten yaitu gambar, image dari iklan yang dibuat sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen. Ketiga Media yaitu pemilihan media, jenis, dan merk atau tempat. Iklan yang sama akan berbeda pada penggunaan media baik jenis maupun nama media. Keempat Model yaitu konten yang ada sampai menjelaskan harga dari produk yang diiklankan.


M Zulfan Efendi

1445091759

Manajemen Pendidikan Reguler 2009

0 komentar:

Posting Komentar

My College

My College